Bupati Dan Wabup Rohil Sambangi Nelayan di Kelurahan Bagan Barat

ROHIL (Surya24.com) - Walau hari libur dan disaat yang lain berakhir pekan, Bupati dan Wakil Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP dan H.Sulaiman SS.MH malah bertandang mengunjungi nelayan.

Bupati dan Wabup Rohil, Minggu (22/5/2022) berkunjung dan  bersilaturahmi dengan warga nelayan di Kelurahan Bagan Barat Kecamatan Bangko. Bupati dan Wabup mendatangi rumah nelayan dan berdialog guna mengetahui kondisi terkini nelayan pasca pandemi covid 19.

Kedua petinggi Rohil ini melihat langsung pengolahan ikan asin (kering) home industri IRT yang suaminya berprofesi nelayan ini. " Saya dan Pak Wabup mendadak saja datang untuk melihat nelayan kita warga Pelabuhan Nelayan Bagan Barat ini. " Ya melihat lebih dekat nelayan, bagaimana ekonominya, usaha ikan asin penopang kehidupan nelayan tradisional kita, "akunya.

Afrizal Sintong menambahkan, Pemkab Rohil terus memperhatikan dan melalui OPD terkait berinovasi meningkatkan kesejahteraan nelayan tempatan. " Misalnya Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perikanan, seperti bantuan alat tangkap, bantuan Koperasi, bantuan usaha, ini sangat perlu kedepannya, " kata Afrizal Sintong.

Wabup Rohil, H.Sulaiman SS.MH saat mendampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong meminta warga nelayan bersemangat dan  bekerja keras. " Kami tetap memperhatikan dan mencari formula bagaimana nelayan kita ini bangkit, usaha mengolah ikan asin maju, ada pangsa pasarnya, "sebut H.Sulaiman.

Ditanya tentang menyempitnya alur dan pendakalan di sekitar pelabuhan nelayan yang dikunjungi Bupati dan Wabup di hari libur ini, Afrizal Sintong dan H.Sulaiman SS.MH menyebutkan pihaknya memprogramkan normalisasi.

" Insya Allah, kita akan normalisasi kembali lokasi pelabuhan lama ini. Juga termasuk formula upaya membantu hunian rumah nelayan, kesehatan nelayan dan alat tangkap sehingga perekonomian nelayan meningkat, " ujar Bupati dan Wabup Rohil ini.

Alek Putra Nilam salah seorang warga setempat mengucapkan terima kasih atas kunjungan mendadak Bupati dan Wabup Rohil tersebut. " Hari libur, Bupati dan Wabup kita ini tetap menyempatkan diri mengunjungi dan bersilaturahmi dengan warga, " ucap Alek. Hal yang sama juga diungkapkan Kantan dan Bu Idah nelayan yang dikunjungi Bupati Rohil di akhir pekan ini. (Sultan)